Kuliner Indonesia Banget

Agustus 08, 2016

Kuliner Indonesia memang tidak ada habisnya. Bahkan beberapa makanan dapet predikat Kuliner Indonesia banget!! Beberapa kuliner ini memang punya status yang "Indonesia banget", baik dari rasa, tampilan hingga penjualnya. Kuliner Indonesia ini pun mudah sekali untuk kita temukan. Status Kuliner yang Indonesia Banget ini banyak ditemukan di jalan-jalan, warung kaki lima, warung biasa hingga restoran dan hotel berbintang. Kuliner Indonesia atau Comfort food ala-ala Indonesia ini juga menjadi salah satu makanan yang selalu dirindukan oleh perantau, karena memang keistimewaannya baik rasa, status dan harganya yang tidak bisa ditemui di penjuru negara lain. Kuliner Indonesia yang identik banget dengan indonesia ini bahkan menjadi favorit beberapa wisatawan mancanegara. Ya memang hanya ada di Indonesia.

Mie Ayam 
mie ayam
(foto: dok. Mie Chino)
Mie ayam punya banyak jenisnya, banyak variasi, baik jenis mie ataupun jenis toppingnya. Mie ayam abang-abang penjual dan mie ayam ala-ala Chineese adalah dua mie ayam yang paling populer di kalangan penduduk Indonesia. Bahkan banyak sekali yang menobatkan diri mereka penikmat mie ayam sejati. Kepopuleran dari mie ayam itu sendiri bisa dilihat dari properti penjualnya, yaitu dengan adanya gerobak mie ayam di setiap tikungan! bukan tikungan gebetan sih ya. Bahkan dari sajian restoran di mall hingga di warung kaki 5, sajian pilihan Anda untuk menikmati mie ayam ini  tidak ada batasnya! Sampai-sampai seorang chef yang lulusan sekolah kuliner di luar negeri mau menjajal peruntungannya dengan berjualan sajian mie ayam ala-ala kaki 5 namun dengan sajian rasa bintang 5. Mie ayam ya memang Indonesia banget! 

Martabak 
markobar
(foto: Jogja Culinary)
martabak

Martabak manis? Martabak Terang Bulan? apalah namanya itu, kini rasa toppingnya tak lagi sekedar keju, coklat, wijen, dan kacang saja, tapi beragam rasa baik topping premium atau rasa yang unik-unik telah menjamur. Selain itu, ada juga rasa asin gurih dengan isi daging ayam atau sapi, bahkan kini ada isi smoked beef dengan mozarella. Tinggal pilih saja sih.

Penyet Ayam 
penyet
(foto: via http://cinta-masak.blogspot.co.id)
Sajian khas yang terkenal berasal dari Lamongan ini memang menjamur dimana-mana. Di setiap ruas jalan berupa warung tenda sangat banyak. Bahkan di Area perumahan, depan sekolah, belakang kantor hingga tersaji di restoran di mall. Si Ayam penyet ini bisa dipilih dengan berbagai rasa, rupa dan kualitas yang sesuai selera pembeli. Memang, sajian ayam dikombinasikan dengan sambal ulek ini memang jadi andalan, baik dari anak kos-an, anak sekolahan hingga pegawai kantoran. Lalu, mana menurutmu yang enak? Keunggulan dari makanan khas indonesia ini terletak pada resep racikan sambal dari penjualnya. Semakin sambalnya juara, juara dan terkenal penyet itu. Apalagi disajikan dengan lalapan, ayam yang gurih dan nasi uduk panas mengepul, hmm... nikmat mana yang kau dustakan. 

Bakso 
bakso
(foto: via cara membuat 123)
Bakso, atau Indonesian meatball adalah salah satu makanan favorit semua kalangan. Racikan gumpalan daging ini biasanya disajikan dengan kuha hangat, akan menjadi guilty pleasure yang sangat pas saat hujan turun dan hawa dingin melanda. Bahkan, Variasi bakso saat ini menjadi sangat banyak dan tersedia berbagai pilihan. Mulai dari bahan pokok daging sapi, ayam, dan seafood, serta bakso dengan bermacam-macam pilihan condiment seperti mie, sayuran dan tahu menjadi favorit banyak kalangan dan beragam usia dan status sosial. Mau makan bakso di warung kaki lima hingga restoran pun bisa, sesuai selera dan kualitas yang dikehendaki. Anda tahu lagu anak-anak berjudul "Abang Tukang Bakso" yang dulu populer di tahun 90-an? Itulah bukti  bahwa bakso ini sudah melegenda dan mewabah di semua kalangan. 

Nasi Goreng 
nasi goreng
(foto: Gunawan Kartapranata via wikipedia)
Tahu salah satu makanan nasional Indonesia? Ya, nasi goreng bisa dikatakan sebagai makanan nasional. Bahkan Setiap artis dari mancanegara yang  datang konser, acara tertentu atau liburan ke Indonesia, kebanyakan dibuat terkesan dengan makanan satu ini. Memang, nasi goreng sangat  versatile. Banyak tempat yang mempunyai jurus andalan atau resep andalan nasi goreng masing-masing, baik warung kaki lima, restoran hingga hotel bintang 5. Tidak salah jika salah satu menu sarapan di semua hotel di Indonesia pasti memberikan menu nasi goreng. Salah satu Comfort food khas Indonesia ini memang tersaji dengan banyak variasi dari segi bumbu, harga dan condiment nya. Wajib ada jelas kerupuk dan telur ceplok.Setuju?

Soto
soto
(foto: Sakurai Midori via wikipedia)
Soto lamongan, soto kudus, soto boyolali, soto betawi. Soto memang mempunyai banyak variasi tergantung bumbu nya dan dimana dia berada. Bahkan, salah satu Comfort Food Indonesia ini disebut dengan berbagai nama yaitu tauto, sroto atau coto. Sajian ini dikategorikan sebagai makanan kuah atau sup dengan komposisi daging, kaldu dan sayuran. Uniknya, tiap daerah punya nama soto sendiri. Tiap daerah pun juga memiliki resep soto sendiri dengan berbagai kombinasi. Ada yang berkuah kuning, berkuah santan dan berkuah bening. Soto dinobatkan sebagai makanan nasional karena memang beragam jenisnya di tiap-tiap daerah di Indonesia. 

Sop Buntut
sop
(foto: flickr Alpha)
Kuliner Indonesia satu ini merupakan salah satu makanan berkuah yang terkenal enaknya. Sesuai nama makanan ini, sop buntut, dibuat dengan bahan utama buntut/ekor sapi. Kuahnya dimasak bersamaan dengan tulang sapi dan lemak hingga menjadi bentuk kaldu yang kental. Meski sangat terkenal di Indonesia sendiri, ternyata  sajian sop buntut ini  juga bisa ditemui di Korea dan Cina dengan berbagai resep dan variasi. Bahan utamanya, yaitu buntut sapi, ada yang digoreng dan juga ada yang dibakar. Di Indonesia, makanan ini punya reputasi sendiri. Di beberapa tempat makan atau pun beberapa hotel, banyak yang menjadikan sop buntut sebagai salah satu signature dish, bahkan sampai ada yang melegenda puluhan tahun.

Sate 
sate
(foto: Gunawan Kartapranata via wikipedia)
Sate madura, sate ponorogo, sate blora. Sate memang makanan khas asal Melayu yang punya beberapa nama di daerah-daerah dengan masing-masing resep tersendiri. Tampilan sate dan sausnya pun berbeda-beda tergantung pada daerah asalnya. Potongan daging yang ditusuk dengan bambu ini di Indonesia, disajikan dengan berbagai resep saus kacang. Dagingnya pun dari bermacam daging yaitu ayam, sapi, kambing, ikan, hati, hingga babi. Namun ada juga variasi sate yaitu dagingnya ditusuk dengan ruji sepeda. Sate dengan mudah ditemui di berbagai tempat, baik yang sederhana maupun premium.

Bagaimana, semakin cinta dengan kuliner Indonesia bukan?

Artikel Lainnya

Indokuliners

Indokuliners

Media Website Wisata Indonesia dan Kuliner Indonesia.